Kecenderungan Sentripetal Dan Sentrifugal Dari Administrasi Negara

  1. a.      Kecenderungan Sentripetal

Sebelum terjadinya perang dunia kedua, kecenderungan studi administrasi negara lama  lebih mengarah kedalam (sentripetal) dan hanya terfokus pada manajemen internal. Istilah publik dalam Administrasi Negara Lama diartikan sebagai negara sehingga membuat administrasi negara hanya terfokus pada organisasi dan manajemen internal dari aktivitas-aktivitas pemerintah, seperti anggaran negara, manajemen kepegawaian, dan pelayanan jasa.

Berikut, beberapa penjelasan tentang administrasi negara yang cenderung sentripetal :

  • Amerika Sentris : melihat perkembangan tentang ide administrasi negara hanya terfokus pada negara Amerika Serikat saja dan belum ada pertukaran ide yang bersifat antarnegara.
  • Cakrawala Sempit : ruang lingkup administrasi negara masih sempit, karena hanya fokus terhadap fungsi-fungsi internal birokrasi, belum menyentuh pada peran pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sosial masyarakat.
  • Sistem Tertutup : studi administrasi negara masih bersifat normative, hanya melihat administrasi negara sebagai suatu hal yang berorientasi pada pelaksanaan tugas pemerintah dan bagaimana menyelesaikan tugas tersebut secara efektif dan efisien.
  • Proses/fungsi Administrasi Negara : studi administrasi negara masih fokus terhadap hal-hal yang sifatnya teknis seperti proses atau fungsi-fungsi administrasi negara yang umum dan belum sampai mengarah pada hal yang berbau politis atau pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  • Teori Organisasi Klasik : masih tetap berkisar pada analisis teori organisasi klasik, dan birokrasi klasik.
  • Cultural Bound : teori administrasi negara masih terikat pada budaya tertentu.

Pada kecenderungan sentripetal, administrasi negara masih terkesan kaku dan hanya mementingkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas pemerintah tanpa memperhatikan aspek kebutuhan sosial masyarakat.

  1. b.      Kecenderungan Sentrifugal

Setelah terjadinya perang dunia kedua, ada kecenderungan studi administrasi negara mengarah keluar dari intinya (sentrifugal) dalam arti administrasi negara tidak hanya terfokus atau melihat ke orientasi internal manajemen (sentripetal). Muncul pada tahun 1970-an, konsep ini merupakan kritik terhadap konsep administrasi negara lama. Pada dasarnya, administrasi publik baru itu ingin menyatakan bahwa administrasi negara tidak boleh bebas dan harus menghayati, memperhatikan, serta mengatasi masalah-masalah sosial yang mencerminkan nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat.

Berikut, beberapa penjelasan tentang administrasi negara yang cenderung sentrifugal :

  • Cakrawala Yang Meluas : ruang lingkup studi administrasi negara semakin meluas, tidak lagi terfokus pada fungsi internal birokrasi saja tapi juga peran pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sosial masyarakat.
  • Dari Proses ke Hasil : studi administrasi negara telah bergeser dari hal-hal yang bersifat teknis seperti proses atau fungsi-fungsi administrasi umum ke hal yang bersifat politis seperti pengambilan keputusan (decision making).
  • Teori Yang Semakin Canggih : teori administrasi negara tidak lagi seputar tentang analisis birokrasi klasik. Pakar-pakar administrasi negara setelah tahun 1960-an banyak yang melakukan kritik pada teori organisasi klasik dan mengembangkan teori-teori baru yang berdasarkan pada nilai-nilai demokrasi dan egalitarian.
  • Realisme Baru : studi administrasi negara lebih bersifat empiris dan tidak hanya normatif. Dalam arti aktivitas administrasi negara lebih dilihat sebagai bagian dari totalitas perilaku manusia dan administrasi negara adalah bagian dari sistem sosial yang lebih luas.
  • Internasionalisme : setelah terjadinya perang dunia kedua, mulai berkembang pertukaran ide dan pandangan yang bersifat lintas negara. Kecenderungan ini diperbesar dengan adanya perhatian negara Eropa dan Amerika Serikat terhadap problem-problem administrasi negara di beberapa negara miskin dan berkembang.
  • Terobosan budaya : walaupun teori administrasi negara sebelum perang dunia ke dua bersifat terikat dengan budaya (culture bound), namun studi perbandingan belum dikenal pada masa itu. Adanya kompetisi pada era perang dingin dan bantuan ekonomi bagi negara yang miskin dan baru merdeka mendorong kesadaran perlunya administrasi negara sebagai perbandingan.
  1. Pengelompokan Mata Kuliah Administrasi Negara yang Termasuk dalam Kelompok Sentripetal dan  Sentrifugal
  1. a.      Kelompok Sentripetal
    1. Hukum Administrasi Negara
    2. Asas-asas Manajemen
    3. Teori-Teori Organisasi
    4. Kepemimpinan
    5. Manajemen Sumber Daya Manusia
    6. Administrasi Keuangan Negara
    7. Sistem Informasi Manajemen
    8. Keuangan Negara
    9. Administrasi Logistik
    10. Manajemen Pelayanan
  1. b.      Kelompok Sentrifugal
    1. Perilaku Organisasi
    2. Teori Pembangunan
    3. Administrasi Pembangunan
    4. Pengantar Kebijakan Publik
    5. Formulasi Kebijakan Publik
    6. Kebijakan Kependudukan
    7. Pembangunan Berkelanjutan
    8. Pemberdayaan Masyarakat
    9. Implementasi dan Evaluasi KP
    10. Kebijakan Berperspektif Gender

mengapa mata kuliah administrasi negara tersebut termasuk dalam kecenderungan Sentripetal dan Sentrifugal adalah dikarenakan ruang lingkup dan fokus ilmu tersebut yang berbeda. Setelah diamati, mata kuliah yang termasuk dalam kelompok sentripetal lebih menekankan pada manajemen internal serta hanya terfokus pada organisasi, aktivitas pemerintah, manajemen pegawai dan pelayanan jasa publik tanpa memikirkan masalah-masalah sosial dan aspek kebutuhan sosial masyarakat.

Sebaliknya, mata kuliah yang termasuk dalam kelompok sentrifugal lebih menekankan terhadap perkembangan ilmu administrasi negara. Tak hanya fokus terhadap hal penyelenggarakan negara saja, tapi lebih luas lagi ruang lingkupnya serta harus menghayati, memperhatikan, dan mampu mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat seperti pembangunan, kependudukan dan persamaan gender.

SUMBER REFERENSI :

  1. http://admnegara.blogspot.com/2010/12/kecenderungan-sentripetal-dan.html
  2. http://www.scribd.com/doc/55172742/KULIAH-PIAN-4
  3. http://agungblacklist.wordpress.com/2011/11/11/kecenderungan-sentripetal-dan-sentrifugal-dari-administrasi-negara/
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s