BAHAYA MEROKOK PADA KESEHATAN TUBUH MANUSIA

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Manusia memiliki berbagai macam kebiasaan. Ada yang suka lari, berenang, membaca, bersepeda, mendengarkan music, dan lain-lain. Di antara sekian banyak kebiasaan manusia, ada salah satu kebiasaan manusia yang sangat merugikan bagi kesehatan mereka. Kebiasaan yang tidak baik ini sering dilakukan oleh masyarakat kita, yakni kebiasaan merokok. Merokok dikalangan masyarakat saat ini merupakan kegiatan yang semakin berkembang, mulai dari hajatan, bertamu, arisan bahkan pengajian kelilingpun tak lupa dari suguhan yang namanya “ROKOK”.Para pelajarpun sudah banyak yang terkena atau terjangkit “penyakit merokok” terbukti banyak kita lihat pelajar yang mau sekolah ujung jarinya sudah terjepit sebatang rokok yang siap “dinikmati”, atau sambil naik sepeda motor juga sambil menikmati rokok.

Saat ini merokok bukanlah hal yang tabu, meskipun yang melakukannya adalah serong anak yang masih sekolah. Hal ini sangat memprihatinkan, karena sebagaimana kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat zat beracun yang dapat mengganggu tubuh kita. Untuk itu, dengan dibuatnya makalah ini diharapkan agar masyarakat dapat sadar dan segera meninggalkan atau mengurangi kebiasaan mereka yang tidak baik. Karena dampak rokok bagi kesehatan pelaku (perokok aktif) maupun kesehatan orang yang terkena paparan asap rokok perokok aktif (perokok pasif) sangat besar, karena zat beracun yang terkandung di dalamnya.

2. Rumusan Masalah

a. Apa itu rokok dan zat racun yang terkandung didalamnya ?

b. Seberapa besar dampak rokok bagi kesehatan tubuh manusia?

c. Bagaimana cara mengurangi bahkan berhenti dari sikap hidup merokok ?

3. Tujuan

a. Mengetahui tentang pengertian rokok dan zat racun yang dikandungnya.

b. Mengetahui seberapa besar dampak rokok bagi kesehatan tubuh manusia.

c. Dapat mengurangi bahkan berhenti merokok setelah mengetahui dampak yang di timbulkan.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. 1.      Pengertian rokok dan zat racun yang dikandungnya

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun – daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.

Rokok merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi kita. Merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum di masyarakat. Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin.

Pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasaan buruk. Apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stress dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi.
Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari seconhandsmoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok atau bisa disebut juga dengan perokok pasif. Rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya yakni tembakau. Di Indonesia tembakau ditambah cengkeh dan bahan-bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek. Selain kretek tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok putih, cerutu, rokok pipa dan tambakau tanpa asap (tembakau kunyah).
Dari hari ke hari jumlah perokok kian bertamabah. Hal inilah yang nantinya akan membuat suatu malapetaka yang besar bagi kesehatan tubuh kita.

Zat – zat Beracun yang terdapat dalam rokok dan dampaknya
sebagaimana kita ketahui di dalam asap sebatang rokok yang dihisap oleh perokok, tidak kurang dari 4000 zat kimia beracun. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas (85 persen) dan partikel. Nikotin, gas karbonmonoksida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, benzaldehid, urethan, benzen, methanol, kumarin, 4-etilkatekol,ortokresoldan perylene adalah sebaian dari beribu – ribu zat di dalam rokok. Tapi diantara zat – zat yang disebutkan tadi, ada 3 zat yang paling berbahaya yang terkandung di dalam sebatang rokok. Zat – zat yang berbahaya itu adalah:

  1. Tar

Zat berbahaya ini berwarna coklat kekuning – kuningan. Zat berbahaya ini berupa kotoran pekat yang dapat menyumbat dan mengiritasi paru – paru dan sistem pernafasan, sehingga menyebabkan penyakit bronchitis kronis, emphysema dan dalam beberapa kasus menyebabkan kanker paru – paru. Karena Tar ini mengandung bahan – bahan karsinogen, zat zat tar ini dipindahkan kedalam cabang – cabang tenggorok dan paru – paru dengan perantara asap, sesudah itu tersimpan kedalam selaput lendirpembuluh – pembuluh ini karena banyaknya rangsangan setempat. Selaput ini akan lebih tebal pada seorang perokokdan menambah hambatan pada saluran udara ke dalam paru – paru sehingga menyababkan sulit bernafas.( DR. A. P Bangun, 2008, hlm 22-24)

  1. Nikotin

Adalah suatu zat yang dapat membuat kecanduan dan mempengaruhi sistem syaraf, mempercepat detak jantung ( melebihi detak normal ) , sehingga menambah resiko terkena penyakit jantung.Selain itu zat ini paling sering dibicarakan dan diteliti orang, karena dapat meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin 4-6 mg yang dihisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan. Nikotin mengerutkan pembuluh dan mengacaukan aliran darah normal diberbagai tempat didalam tubuh. Apabila berlangsung terus – menerus, hal ini akan menyababkan kerusakan jaringan(DR. A. P Bangun, 2008, hlm 25). Salah satunya Nikotin berperan dalam memulai terjadinya penyakit jaringan pendukung gigi karena nikotin dapat diserap oleh jaringan lunak rongga mulut termasuk gusi melalui aliran darah dan perlekatan gusi pada permukaan gigi dan akar. Nikotin dapat ditemukan pada permukaan akar gigi dan hasil metabolitnya yakni kontinin dapat ditemukan pada cairan gusi.

  1. Karbon Monoksida(CO)

Zat ini mengikat hemoglobin dalam darah dan mengurangi kemampuan sel – sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah. Selain itu, karbonmonoksida memudahkan penumpukan zat – zat penyumbat pembuluh nadi, yang dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal selain itu juga dapat menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki. Efek terakhir ini membuat para wanita perokok lebih beresiko (daripada wanita non perokok) mendapat efek samping berbahaya bila meminum pil kontrasepsi (pil KB). Karena itulah sebabnya mengapa para dokter kandungan (ginekolog) umumnya segan memberi pil KB pada wanita yang merokok.

  1. 2.      Dampak rokok bagi kesehatan tubuh manusia

Menurut badan kesehatan dunia(World Health Organization – WHO) pada tahun 1991,rokok merupakan penyebab kematian tiga juta orang penduduk dunia setiap tahunnya, yaitu sebesar 8.219 kematian per hari, dan 57 kematian per menit. Di Amerika Serikat kematian yang diakibatkan oleh tembakau atau rokok adalah 450.000 per tahun, dan 1.200 kematian per hari atau 8 kematian per menit. Disadari atau tidak rokok telah menggiring manusia kepada kematian. Tidak hanya melalui kanker tetapi juga berbagai macam kerusakan pernafasan, penyakit jantung dan pembuluh darah,batuk menahun, kelahiran premature, dan bayi yang tidak sehat.( DR. A. P Bangun, 2008, hlm 26-27)

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok, yakni :

a. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

b. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

c. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

d. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

e. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

f. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Berikut ini adalah gambar – gambar bahan yang terkandung dalam rokok dan akibat dari merokok.

Bahan  yang terkandung dalam rokok


  1. 3.      Cara mengurangi bahkan berhenti merokok

 

Tidak mudah untuk seorang perokok berhenti merokok, apalagi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

a. Masih minimnya kesadaran masyarakat akan bahaya rokok bagi kesehatan tubuh mereka, sehingga sulit diadakannya pembinaan untuk mereka.

b. Kurangnya sosialisasi dari instansi terkait mengenai bahaya merokok, sehingga masyarakat tidak tahu seberapa besar bahaya rokok bagi kesehatan mereka.

c. Kurang ketatnya pengawasan terhadap peredaran rokok di negara kita, sehingga jumlah produsen rokok meningkat.

Tapi sebagai manusia yang sayang kesehatan setelah membaca dan mengetahui bahaya dan dampak rokok diatas, kita seharusnya sadar bahwa rokok hanya membawa penyakit bagi tubuh kita. Setelah mengetahui hal itu seharusnya kita akan berusaha dan berjuang untuk berhenti merokok. Bagi anda yang ingin berhenti merokok, berikut tips – tips berhenti merokok:

1. Tanamkan niat yang kuat untuk berhenti merokok dan pelihara niat ini terus menerus walaupun anda belum bisa berhenti total.

2. Tanamkan dalam diri kita bahwa rokok itu merugikan kesehatan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, serta merokok itu perbuatan yang sia-sia.

3. Kurangi jatah rokok anda kalau biasanya 1 hari 1 bungkus kurangi menjadi setengah bungkus per hari dan seterusnya.

4. Apabila timbul keinginan merokok terutama ketika habis makan gantilah dengan permen atau mentol atau makanan yang lain yang anda sukai sebagai ganti rokok.

5. Jauhilah untuk sementara lingkungan atau pergaulan para perokok,hal ini untuk menjaga agar usaha dan semangat kita tetap terpelihara.

6. Dekatilah orang-orang mantan pecandu rokok dan mintalah tips-tips dari mereka.

7. Berdoalah minta supaya kita diberi kemampuan untuk dapat menghindari rokok dan dijauhkan darinya.

8. Minumlah air sekurang – kurangnya delapan gelas sehari. Gantilah kopi dengan sari buah atau jus.

9. Apabila ada anggota keluarga yang merokok, ajaklah berhenti juga demi kepentingan bersama, karena keluarga pengaruhnya sangat besar. Apalagi kepala keluarga, harus sadar bahwa dia adalah teladan anaknya, maka berilah contoh yang baik.

10. Usahakan agar selalu berkiprah dengan kegiatan yang lain, apabila ada waktu luang lebih baik mengerjakan tugas atau berolahraga.

11. Apabila menghadapi ketegangan berusahalah istirahat atau tidur, karena banyak orang yang menghadapi ketegangan dengan merokok.( DR. A. P Bangun, 2008, hlm 43-45)

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Melihat kenyataan yang ada pada uraian sebelumnya, dapat dikatakan rokok itu lebih banyak mudharatnya (dampak negatifnya) dari pada dampak positifnya. Apabila hal ini dibiakan terus berlangsung, maka akan mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan tubuh manusia. Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh mereka.Namun hal itu masih sulit dilakukan di Indonesia.

2. Saran

Setelah membaca makalah ini, semoga masyarakat dapat tersadarkan akan bahaya rokok bagi kesehatan mereka serta segera meninggalkan kebiasaan merokoknya, dan semoga tipsnya bisa memudahkan dalam berhenti merokok, supaya kesehatan mereka tetap terjaga dan nantinya menjadikan tubuh mereka sehat bugar dan terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa mereka.

 

KATA PENGANTAR

——–. “Apa itu ROKOK”. http://ryanra.wordpress.com/2008/04/14/apa-itu-rokok/ (diakses tanggal 2 Januari 2010)

  1. “Rokok(apa itu rokok,Bahayanya, Hukumannya) ”. http://lovegamers.forumotion.com/chit-chat-f16/rokokapa-itu-rokokbahaya-nyahukuman-nya-t483.htm (diakses tanggal 2 Januari 2010)

Wadiyo. “Merokok “Nikmat Membawa Sengsara “”. http://www.wonosari.com/medis-f6/merokok-nikmat-membawa-sengsara-t5395-15.htm (diakses tanggal 2 Januari 2010)

——–. “BAGAIMANA MENGATASI MASALAH ROKOK ?”. http://warna2cinta.wordpress.com/2009/02/17/bagaimana-mengatasi-masalah-rokok/ (diakses tanggal  1 Januari 2010)

Oktavita. “Bahaya Merokok”. http://oktavita.com/bahaya-merokok.htm (diakses tanggal 1 Januari 2010)

Damarzo. “Bahaya Merokok”. http://one.indoskripsi.com/artikel-skripsi-tentang/bahaya-merokok (diakses tanggal 1 Januari 2010)

——–. “Bahaya merokok!”. http://ngebul.blogspot.com/2004/12/bahaya-merokok.html (diakses tanggal 1 Januari 2010)

Wastuwibowo, Kuncoro. “Bahaya Rokok”. http://rokok.komunikasi.org/artikel/index.php (diakses tanggal 1 Januari 2010)

w2c. ”7 TIPS JITU BERHENTI MEROKOK”. http://warna2cinta.wordpress.com/2009/02/06/7-tips-berhenti-merokok/ (diakses tanggal 1 Januari 2010)

Bangun, DR. A.P. 2008. Sikap Bijak Bagi Perokok. Jakarta: Bentara Cipta Prima.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s