Kiat Lancar Mengerjakan SKRIPSI (berdasarkan introspeksi diri)

Skripsi, sesuatu yang dianggap momok oleh sebagian orang, khususnya mahasiswa tingkat akhir. sebenarnya mengerjakan skripsi itu gampang gampang susah sih. ga ada yang bakal bantu kita karena ini bukan kerja kelompok. ga akan ada yang ngejar ngejar kita buat ngerjain karena ini bukan SMA. yang ada hanya banyak orang yang bertanya “tekan bab piro?” dan memberi semangat. mental sangat diuji disini, ketika kita masih mumet, pusing mikir bab demi bab, selalu banyak godaan. sebenarnya kelancaran skripsi itu berasal dari sugesti kita sendiri. semua ga akan pernah bisa menjadi motivasi jika kita aja pesimis. dosen itu hanya membimbing, teman teman itu hanya memberi semangat, pacar ato gebetan itu bisa memberi semangat atau juga malah ganggu. pokoknya semua itu tergantung kitanya deh. ni sedikit share aja deh berdasarkan pengalaman pribadi. kiat lancar SKRIPSI:

1. Sebelum membuat judul usahakan kamu menguasai teori yang ttg topik yang kamu akan teliti.

mengapa begitu? karena ketika saya membuat judul itu belum bener2 menguasai teorinya. dan alhasil, saya harus mempelajari dahulu semua teori2 yang ada pada skripsi saya. wasting time bgt tu.

2. jangan terpengaruh orang lain

maksud terpengaruh dsini sangat luas. jangan sampai kamu terpengaruh ketika ada teman yang ACC judul ataupun telah lulus. sadar aja akan kemampuan kita. bolehlah melihat itu sebagai motivasi, tapi jangan membuat kita terburu2 menetapkan judul. jangan juga terpengaruh banyak orang yang belum mengambil skripsi. karena itu akan berdampak kemalasan terhadap kita. mending kita introspeksi kemampuan, dimantapkan dulu, baru FIGHT.

3. jangan sekali2 menunda mengerjakan diwaktu luang

hal ini sering sekali terjadi. diwaktu luang pasti ada aja yang pengen dilakuin. ujung2nya malah ngegame atau malah maen ga jelas. dan setelah itu capek malah tidur. ada juga yang sampe kecanduan hinggga skripsi ditinggal berbulan2. ingatlah, waktu adalah skripsi, bolehlah refres otak, tapi harus tau juga intensitasnya.

4. Frustasi gara2 buku atau pembimbing sulit

skripsi tu mau ga mau wajib dikerjain. kalo ga mau di DO sih. buku sulit bukan masalah buat mahasiswa. sulit itu bukan berarti ga ada. ingat men, kita kuliah 3,5 – 4,5,, masak mau nyerah sampai di skripsi, eman2 duite. dosen pembimbing sulit, bukan dosennya yang sulit. memang dia mau yang terbaik buat kita. memang ada sih yang dosen sedikit rewel. tp liat kakak tingkat yang dibimbing dia, bisa luluskan. jika kakak tingkat itu lulus lama, tanya aja apa yang dilakuin dia kok bisa lama. ambil positifnya, hindari yang negatif. so, jgan pesimis ketika ini terjadi men. mending kamu susah2 sekarang daripada kamu tunda dan akhirnya nyesel.

5. kondisi lingkungan yang ga mendukung

itu bukan alasan men. kalo memang kondisi kamu sekarang ga mendukung, cari dong kondisi yang mendukung. pasti ada kok tempat yang bisa membuat inspirasi otak dengan sendirinya. keep fokus men.

6. gebetan atau pacar kadang mengganggu

ini bener2 bukan alasan juga. memang terkadang ketika kita galau akan males berbuat apa2. tapi sekarang kita berfikir kedepan. buat apa galau lama2 men, galau ga perlu waktu yang lama, karena skripsi lebih penting. toh ketika kita selesai skripsi, lulus dan kerja gebetan atau pacar kita juga yang senang. kalo aku sih mikirnya, jadikan itu motivasimu buat membahagiain dia men. pikir masa depan lo men.

7. berdoa dan berusaha sungguh2

ini yang paling penting dari kita men. berdoalah ketika kita sudah buntu pikiran. insyaallah semua akan dicerajkan lagi men. pokoknya selalu berdoa ketika maslah demi maslah menghadang, karena kita masih punya Tuhan. dan tetep, harus selalu berusaha sungguh2 men. kejar masa depanmu.

mungkin itu sedikit share aja dari saya. semoga bermanfaat deh. ga ada yang ga bisa diselesaikan didunia ini men. yang penting berusaha, berdoa, dan optimis, pasti semua akan teratasi. mungkin perlu juga tempel foto ortu diatas laptop kamu. Semoga Sukses.

#CCB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s