4 Sinyal Tubuh Saat Anda Kurang Tidur

Sulit membuat keputusan sederhana
Kebingungan dipastikan melanda ketika Anda tak cukup tidur. Efeknya, membuat sederhana pun sulit dilakukan. Hanya untuk memutuskan menu sarapan atau pakai baju apa, Anda bisa menghabiskan waktu lama. Apalagi, membuat keputusan yang lebih berat.

“Saat merasa mengantuk kemampuan dalam memilah hal penting dan tidak penting jadi sangat berkurang, ini akan berdampak pada kurangnya kemampuan menyelesaikan pekerjaan,” kata Sean Drummond, PhD, peneliti kebiasaan tidur dari University of California, San Diego, dikutip dari Prevention.

Orang yang lelah dan mengantuk juga seringkali ‘berjudi’ dalam hal membuat keputusan. Mereka juga bermasalah dalam menyesuaikan dengan tugas yang baru. 

Lapar sepanjang hari

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur kronis dapat mengganggu kadar gula darah dan menyebabkan tubuh memproduksi sedikit leptin, hormon membatasi nafsu makan. Dan, memproduksi lebih banyak ghrelin, yang merangsang rasa lapar. Karena perubahan fisiologis, Anda mungkin cenderung makan berlebihan ketika kurang tidur. 

“Orang lelah cenderung sangat tertarik pada gula dan karbohidrat sederhana lainnya, mungkin karena tubuh mencari makanan yang bisa dinikmati dengan cepat,” kata Lisa Shives, MD, juru bicara American Academy of Sleep Medicine. 

Mudah terkena flu

Kurang tidur membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi. Ini dibandingkan dengan mereka yang beristirahat dengan baik. Dalam sebuah studi, peneliti menyuntikkan sukarelawan sehat dengan virus flu. Mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam lebih mungkin mengalami flu dibandingkan mereka yang tidurnya 8 jam atau lebih. 

 Mudah menangis

Kurang tidur membuat emosi jadi tidak stabil. Orang yang jam tidurnya kurang aktivitas otak di area amigdala meningkat hingga 60 persen. Ini membuat seseorang lebih mudah merasa cemas, ketakutan dan sedih bahkan depresi.

2 thoughts on “4 Sinyal Tubuh Saat Anda Kurang Tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s